"Love more and more, and don't think it will ever turn less" - Kim Taeyeon

Tuesday 21 December 2010

The Death of Ideas and Our Legacy

fit track(s) while reading this post :
Arcade Fire - Wake Up, Oasis - Champagne Supernova
, Led Zeppelin - Stairway To Heaven



apakah anda pernah berpikiran seperti saya, bahwa mereka semua terlalu cepat mati? hilang bersama ideologi ideologi cerdas mereka. ideologi perdamaian, permohonan, tekanan, dan aksi anarkis. atau anda juga pernah berpikir, mereka adalah legenda karena mereka mati, sehingga ideologi mereka menjadi sebuah kenangan, menjadi mimpi orang lain, mimpi untuk kembali diraih karena mereka tidak berhasil mewujudkannya. mereka sudah mati.



cerita tentang John Lennon, Sid Vicious, Kurt Cobain, Freddie Mercury, Dimebag Darrel, Ian Curtis, The Smiths dan legenda-legenda musik lainnya menjadi cerita kesukaan saya sekarang ini. John Lennon, seseorang yang bermimpi akan adanya perdamaian, harus mati karena peluru dari penggemarnya sendiri. ideologi Lennon menyebabkan penggemarnya membuat ideologi lain yang membutakan. haruskah ia mati dengan cara itu? bagaimana jika ia mati karena sakit beberapa tahun kemudian, bagaimana jika saat itu peluru tidak mengenai dirinya? apakah dia tetap akan menjadi seorang legenda? Sid Vicious dan Kurt Cobain yang bermimpi akan adanya kebebasan dengan cara mereka masing-masing. apakah jika mereka tidak mati dengan cara bunuh diri mereka akan tetap dikenang?



mengetahui George Harrison tidak mendapat eluan sebesar Lennon karena Harrison tidak mati muda, dan tidak mati dengan cara dibunuh oleh penggemarnya sendiri. memang masih wajar jika Lennon lebih dielu-elukan, karena dia dan McCartney adalah dalang dari the most overrated band in history : The Beatles. tapi apa benar John Lennon begitu dielu-elukan karena ia merupakan frontman band The Beatles? oke, mari kita beralih ke cerita lain. Sid Vicious? Kurt Cobain? Nancy Spungen dan Courtney Love. setelah Vicious membunuh Nancy Spungen, di tahun berikutnya Vicious sengaja meminum heroin dengan dosis berlebih. "We had a death pact, and I have to keep my half of the bargain. Please bury me next to my baby in my leather jacket, jeans and motorcycle boots. Goodbye.", sementara Cobain bunuh diri dengan cara menembakkan kepalanya dengan shotgun, ia membuat suicide note dengan tujuan Boddah, his imaginary friends, and told Courtney Love to stay strong for his daughter, Frances. click here for the suicide note made by Kurt Cobain.



Cobain termasuk ke dalam 27 Club, atau Forever 27 Club. yaitu grup inspirasional yang dibuat untuk mengenang kematian musisi rock dan blues di umur 27. legenda 27 Club lainnya adalah : Brian Jones (mati karena tenggelam, gitaris sekaligus founder of The Rolling Stones), Jimi Hendrix (mati karena overdosis, gitaris blues ternama), Janis Joplin (mati karena overdosis heroin, penyanyi dari Big Brother And The Holding Company), Jim Morrison (mati karena gagal jantung, penyanyi dari band ternama The Doors). mereka dielu-elukan karena mereka telah mati, benarkah ideologi mereka yang membuat mereka begitu ternama? apakah karena tidak tercapainya cita-cita mereka? apakah mereka tidak pantas mati? mengapa mereka harus mati lebih dulu? menurut saya, yang membuat mereka begitu fenomenal adalah kematian mereka, mereka dikenang sebagai orang yang membuat perubahan semasa hidup mereka, dan mereka membuat perubahan itu semakin besar ketika mereka telah mati. menjadi inspirasi bagi semua orang. membuat sensasi untuk ide-ide baru generasi kita. hal tersebut yang membuat kematian mereka begitu berharga.



beralih ke masa kini. sudah banyak musisi musisi lain yang meneruskan legenda-legenda itu. Oasis dengan Noel dan Liam Gallagher yang meneruskan John Lennon. Ne-Yo, Usher, Justin Bieber yang meneruskan Michael Jackson. band band inggris seperti The Fratellis dan The Strokes meneruskan The Beatles. Stone Temple Pilots yang meneruskan Nirvana. Deryck Whibley dengan band-nya Sum 41, serta Green Day dengan BJ Armstrong meneruskan Sid Vicious dengan Sex Pistols-nya. adakah di antara mereka yang akan menjadi legenda berikutnya? adakah di antara mereka yang akan mati terlalu cepat? adakah di antara mereka yang akan berhasil meneruskan ideologi pendahulunya? haruskah mereka mati terlebih dahulu baru mendapatkan eluan yang sama besar dengan legenda-legenda itu? lihat Michael Jackson, orang-orang lebih menyukainya setelah dia mati, hilang, meninggalkan lagu-lagunya. The Rev dari Avenged Sevenfold, setelah ia mati, penggemar Avenged Sevenfold menjadi lebih banyak dan lebih setia dari sebelumnya. apakah maksud semua ini? kematian begitu berharga, kenangan lebih disukai.

☮ ☮ ☮ and ♥,
Indras

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

photos courtesy : Last.fm
informations courtesy : Wikipedia
Kurt Cobain's sucide note courtesy : kurtcobainssuicidenote.com

photos info : Sid Vicious (Sex Pistols), John Lennon (The Beatles), Kurt Cobain (Nirvana), Jim Morrison (The Doors), Noel Gallagher (Oasis)

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.