"Love more and more, and don't think it will ever turn less" - Kim Taeyeon

Monday 9 May 2011

Flower Power

terkadang saya merasa seperti terjebak di generasi ini. generasi dimana lagu adalah "sex" dan musisi adalah "binatang". lagu adalah sebuah alat penjualan dan musisi mendapatkan segala yang mereka inginkan. saya ingin ke tempat dimana musik adalah tentang kebebasan dan kedamaian. dimana setiap nadanya mengartikan sesuatu. dimana musik dimainkan oleh tanganmu sendiri. saya terjebak di generasi binatang.


Janis Joplin adalah inspirasi terbesar saya pada saat ini. salah satu penyanyi terhebat yang pernah hidup. setiap nadanya ia hayati. lagu-lagunya mencerminkan kebebasan dan keadilan. dirinya tidak terkekang oleh rumitnya hidup pada masa itu. musisi pada zaman itu tidak selalu "sukses" seperti sekarang ini. mereka hidup dimana warna kulit adalah masalah dan peluru adalah penyelesaiannya. Jimi Hendrix yang merupakan kulit hitam terus melangkah menggapai impiannya. Blues adalah jenis musik yang paling tepat pada saat itu. penggambaran lagunya adalah derita para musisi.


Flower Power. sebuah lambang kedamaian yang dijunjung oleh Hippies yang kemudian dikembangkan menjadi musik Psychedelic. Flower Power merupakan penggambaran untuk menghentikan perang Vietnam. Hippies mengambil lambang tersebut dengan memakai baju yang penuh warna dan penuh dengan corak bunga, serta menaruhkan hiasan bunga yang besar pada rambut. Janis adalah salah satu dari banyak Hippies tersebut. Psychedelic adalah musik "kecanduan". melupakan rumitnya hidup dan memimpikan perdamaian adalah hal yang sulit pada masa itu. ganja adalah pilihan tepat. Jimi Hendrix adalah seseorang yang mendalami musik Psychedelic. bukankah hal yang menyenangkan jika Flower Power Era tidak pernah habis dan semua orang menyadari akan sulitnya mendapatkan suatu perdamaian?


namun, 1970 bisa dibilang adalah tahun yang kelam. Janis dan Jimi mati pada tahun yang sama, di umur yang sama. dunia kehilangan musisi-musisi Blues yang melakukan perubahan. setelah itu Blues lama hilang. era-era lain muncul dan pergi. Heavy Metal, Punk, Grunge, Pop. apakah saya berada pada generasi RnB? saya tidak ingin mengakuinya. saya hanya dapat berharap musisi Blues seperti The Black Keys dan Radio Moscow, serta musisi Psychedelic seperti MGMT dan Tame Impala dapat kembali memutarkan dunia dengan kebebasan, keadilan, dan kedamaian.

2 comments:

  1. mereka kokang senjata kita lempar dengan bunga.

    ReplyDelete
  2. aku suka juga dengan jannis joplin, lagunya bikin terharu tuh seperti a woman left lonely dan little girl blue..wuih bikin air mata netes

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.